Anime vs Cartoon: Menelusuri Perbedaan Anime dan Kartun

perbedaan anime dan kartun

Anime adalah animasi yang berasal dari Jepang, sedangkan kartun adalah animasi asli Amerika Serikat, setidaknya seperti itulah yang biasa kita lihat jika seseorang berdebat mengenai anime dan kartun. Kali ini, saya mencoba memberikan perbandingan antara anime dan kartun.

Definisi 

Menurut Wikipedia, Anime adalah animasi khas Jepang yang dicirikan melalui gambar-gambar warna-warni yang menampilkan berbagai tokoh dalam berbagai lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton.

Kartun adalah gambar dengan penampilan lucu yang mempresentasikan suatu peristiwa. Orang yang membuat kartun disebut kartunis.

anime vs cartoon

Untuk acuan saya juga berikan juga definisi dari animasi. 

Animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awalnya, animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian diputar sehingga muncul efek gambar bergerak.

Lihat juga Otaku vs Weeaboo: Perbandingan Antar Sesama Sampah Masyarakat (?)

Dari ketiga definisi di atas, kita bisa lihat baik anime maupun kartun merupakan bagian dari animasi. Animasi sendiri merupakan istilah umum dan digunakan di seluruh dunia untuk penyebutan gambar bergerak, di Indonesia salah satu contoh animasi dan juga merupakan salah satu yang tertua di dunia adalah Wayang Kulit, karena sudah memenuhi semua elemen animasi yaitu layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.

Jika menilik dari definisi, anime dan kartun adalah sesuatu yang serupa tapi tak sama, dimana sama-sama sekumpulan gambar bergerak, namun istilah anime khusus untuk animasi Jepang.

Penggambaran Karakter

Perbedaan mencolok antara anime dan kartun adalah penggambaran karakter secara umum dari keduanya. Dalam anime penggambaran karakter biasanya menunjukkan penggambaran fisik seperti realistis, lebih mendekati kenyataan daripada kartun. Penggambaran wajahnya pun dibuat dengan berbagai ekspresi, dan memiliki variasi. Kebanyakan karakter-karakter di anime berwajah imut, manis, tampan, ganteng, dan sebagainya yang menjadi ciri utama.

animasi, anime, kartun dan cartoon

Kartun secara jelas memiliki penggambaran karater yang tidak sebanding dengan seluruh tubuh dan jauh dari kenyataan. Sebagai contoh, dalam kartun biasanya jari mereka hanya berjumlah empat, ukuran leher yang terlalu kecil dibanding kepala, bentuk kepala yang tidak biasa (seperti kepala bola milik Arnold), atau tubuh dan kepala yang menyatu serta tangan kecil dan kaki yang kecil.


Meski penggambaran secara umum dari anime dan kartun jelas kali berbeda, tetapi ada kartun yang penggambarannya sesuai dengan penggambaran karater anime, dimana memiliki penggambaran fisik seperti realistis tidak seperti kartun pada umumnya. Kita bisa melihat kartun, The Legend of Aang dan sequelnya The Legend of Korra dan kartun-kartu superhero dari Marvel ataupun DC. Sedangkan untuk anime yang mendekati penggambaran kartun adalah Crayon Shinchan atau Kirby.

kartun jepang atau anime amerika

Selain itu, film animasi RWBY juga semakin memperjelas bahwa anime dan kartun itu sama. RWBY adalah animasi amerika namun bergaya anime. Sulit untuk menyebut kalau RWBY itu bukan anime, karena Jepang juga sudah membuat versi manga-nya, meski RWBY bukan berasal dari Jepang.

Cerita

Secara umum cerita anime lebih berkonsentrasi pada kejadian-kejadian yang ada dalam kehidupan dan berhubungan dengan emosi manusia, termasuk kekerasan dan seksualitas. Sedangkan kartun lebih simpel, dimana tujuan kartun adalah membuat orang tertawa dan mengandung konten jenaka.

Alur cerita di anime cenderung lebih rumit, di mana penonton seperti diharuskan menonton kelanjutan ceritanya karena penasaran dengan apa yang akan terjadi. Untuk kartun tidak ada alur khusus, dimana cerita selesai dalam satu episode, dan biasanya dalam satu episode ada satu sampai tiga bagian. 

Lalu, dengan jelasnya perbedaan antara anime dan kartun dalam segi cerita, apakah membuat anime dan kartun berbeda? silahkan jawab sendiri ...

Asal Negara

Kalau yang ini pasti sudah pada tahu, anime berasal dari Jepang dan kartun berasal dari Amerika Serikat. Jika kita merujuk pada penggemar, komunitas, dan berbagai forum di dunia (kecuali Jepang), anime adalah sebutan khusus animasi yang berasal dari Jepang. Tetapi jika merujuk pada negara asal anime itu sendiri (Jepang), anime merupakan sebutan umum untuk semua animasi dan kartun baik dari Jepang maupun luar Jepang.

arti anime di kamus jepang

Kesimpulan

Anime dan kartun beda? Iya, jika kita merujuk pada ciri khasnya dan hal lain yang membedakan.
Anime dan kartun sama? Iya, jika kita merujuk pada Bahasa Jepang dan hal lain yang menyamakan.

Jadi intinya, saya tidak mau menyimpulkan apakah anime dan kartun itu sama, seperti judulnya saya hanya membeberkan perbedaan dan perbandingannya saja. Untuk menentukan apakah anime dan kartun sama, silahkan anda jawab sendiri.

Post a Comment

0 Comments