Apa Makna Istilah Fan Service Dalam Anime?

Diposting oleh
apa itu fanservice

Fan service atau fanservice? terserahlah mau pakai spasi atau tidak. Fanservice tentu sudah tidak asing lagi di mata atau telinga para penggemar anime jepang. Fanservice seperti artinya yaitu layanan-penggemar, suatu adegan yang bertujuan untuk merangsang ataupun menyenangkan penonton. Secara umum, fanservice yang adalah hal-hal yang berbau seksualitas, seperti adegan dimana cewek mengenakan pakaian yang tipis ataupun terbuka, menonjolkan belahan dada, menyorot pantsu, adegan ketelanjangan (biasanya adegan mandi) dan sebagainya.

Lihat juga Foto Sempurna Chihiro Ketika Mengcosplaykan Sakura Haruno

Mungkin banyak yang mengira kalau fanservice hanya sebatas adegan seksualitas saja, padahal fanservice tidak hanya sebatas itu. Hal lain yang bisa dibilang fanservice adalah adegan yang menampilkan sebuah ledakan besar dengan berbagai efek yang membuat mata kita terpana, adegan perang besar dimana banyak prajurit yang bertempur, adegan pertarungan yang menggunakan seni bela diri maupun penggunaan senjata dan teknik khusus yang memberikan efek-efek yang wah, dan bahkan adegan penyiksaan bisa saja menjadi fanservice bagi orang tertentu.

fanservice

Untuk lebih jelasnya saya berikan beberapa contoh fanservice dari beberapa adegan anime. 

1. Ketika Gilgamesh menggunakan Gate of Babylon miliknya (Fate/stay Night Unlimited Blade Works)

fanservice di anime

Visual efek dari kemampuan milik Gilgamesh ini bisa disebut sebagai fanservice karena membuat mata penonton terpesona.  

2. Dibangkitkannya 4 Hokage terdahulu saat perang dunia shinobi ke-4 (Naruto Shippuden)

fanservice anime

Dibangkitkannya keempat Hokage yang sudah tewas oleh Orochimaru adalah hal yang paling membuat senang para penggemar seri Naruto, jika sudah mengikuti animenya dari awal, ini juga bisa disebut sebagai fanservice.

3. Adegan dimana resleting seragam Takao lepas landas karena tak kuat menahan beban oppai milik Takao (D-Frag!)
(Maaf, tanpa gambar)

4. Kurokami Medaka yang hanya memamerkan tubuhnya (Medaka Box) (Maaf, tanpa gambar)

5. Ketika Saeko mengenakan celemek saja tanpa apa-apa lagi (Highschool of the Dead) 
(Maaf, tanpa gambar)

6. Ketika Hachiman selalu memerah karena terpesona ketika melihat sosok Saika yang imut-imut (Oregairu)
(Maaf, tanpa gambar)

Ini adalah contoh fanservice untuk penonton cewek.

Dari 6 contoh diatas, tiga diataranya merangsang penonton lewat adegan berbau seksualitas, dari sorotan dada sampai pakaian terbuka. Saya sendiri berpendapat, fanservice yang bisa diterima oleh hampir semua penonton adalah yang berhubungan dengan seksualitas, karena pasti semua orang suka (jika tidak suka, mungkin dia sedang menahan diri), itulah mengapa fanservice hampir selalu dikaitkan dengan adegan-adegan yang mengarah ke hal-hal yang berbau seksual.

Lihat juga Adegan Epik Naruto Shippuden Yang Diperankan oleh Para Cosplayer

Untuk contoh anime yang sering memberikan fanservice berbaru seksualitas biasanya anime ecchi atau harem, seperti Highschool DxD, Highschool of The Dead, Freezing, Seikon no Qwaser, To-ove Ru, Dakara Boku wa H ga Dekinai dan berbagai anime ecchi lainnya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Selanjutnya Selanjutnya
Sebelumnya Sebelumnya